Islamic Clock

Kalender

Marhaban

Assalamu'alaikum Wr.Wb Selamat Datang di blog saya

Rabu, 23 Juni 2010

Kebangkitan Islam Suatu Fakta atau Impian?

Pengertian Kebangkitan Islam
Kebangkitan Islam adalah diterapkannya nilai-nilai Islam dlm khidupan sehari-hari. Islam sbgai ideologi, aturan hidup, sumber moral, ilmu ,bahkan Islam sbagai negara. Beberapa intelijen dari 15 negara yg trgabung dalam National Intelligence Council(NIC)memprediksikan akan datangnya kebangkitan Islam. Prediksi itu menyatakan bahwa khidupan yg menerapkan syariat Islam scara total akan tiba pada tahun 2020. Kekhalifahan Islam akan bangkit dan mampu memberi perlawanan terhadap norma dan nilai-nilai barat.
Kapan dan Dimana Islam Akan Bangkit?
Di kalangan umat Islam meyakini bahwa Islam akan bangkit pada abad 15 hijriah atau bertepatan dg tahun 2020 M. Ini berdasarkan hipotesa bahwa Barat bangkit pada abad 15 masehi. Tempat awalnya kebangkitan akan muncul dari timur, khususnya Asia Tenggara, lbih khusus lagi Indonesia. Ini didasarkan pada hadits-hadits Nabi Muhammad tntang bangkitnya Islam dari Timur. Selain itu hipotesa ini juga dikuatkan oleh beberapa fakta lain. Pertama, kaum muslimin di Asia Tenggara merupakan yang terbesar di dunia. Terutama Indonesia yang merupakan negara berpenduduk muslim terbesar. Kedua, menyangkut perputaran peradaban Islam. Sebagaimana kita tahu bahwa Islam pernah bangkit di dua peradaban, yaitu peradaban padang pasir(jazirah Arab) dan peradaban safana(Persia). Jika mengikuti perputaran peradaban maka peradaban yg belum dialami adalah peradaban hijau dan ini mengarah ke kawasan Asia Tenggara. Ketiga, semangat untuk memahami dan menjalankan ajaran Islam akhir-akhir ini semakin besar.
Kendala Kebangkitan

Sayangnya, sampai detik ini umat Islam masih terbelenggu rasa rendah diri karena kelemahan di berbagai aspek kehidupan , seperti kelemahan di bidang IPTEK, kebudayaan bahkan pemahaman terhadap jati diri. Bahkan, Indonesia yg diprediksi akan menjadi tempat awal bangkitnya Islam masih mengalami keterpurukan di hampir semua sendi kehidupan. Umat Islam yg sehrusnya memperkuat Ukhuwah Islamiyah demi tercapainya kebangkitan Islam ternyata menjadi smakin saling curiga antarkelompok Islam lainnya dan menganggap kelompoknyalah yg paling benar.
Solusi
Jalan umat Islam untuk mencapai kebangkitan masih panjang. Ada beberapa syarat utama bangkitnya peradaban. Pertama, mengubah Mitos. Mitos yg menyatakan bahwa Islam hanya bangkit dari dunia Arab harus diubah karena setiap Islam bisa bangkit di mana saja asal mereka mau mengubah kondisinya sendiri. Kedua, mengubah logos (ilmu pengetahuan). Setiap peradaban yg pernah ada di dunia tidak terlepas dari peranan ilmu pengetahuan. Begitu jga dg peradaban Islam, jika ingin bangkit maka ilmu pengetahuan harus berkembang dg pesat sebgaimana yg pernah di alami dinasti Umayyah dan dinasti Abbasiyah. Ketiga, mengubah etos. Etos kekerasan, etos simbolis, etos kebringasan harus diubah dg etos yg mengarahkan kepada kebangkitan itu sendiri, yaitu etos kerja keras, etos ekonomi dan etos sosial.
Kesimpulan

Hipotesa dan fakta tentang kebangkitan Islam seharusnya membuka mata umat muslim Indonesia bahwa kebangkitan pasti akan tiba. Namun, melihat realitas saat ini, yaitu masih terpuruknya umat Islam dalam jurang kebodohan, degradasi ilmu, dekandasi moral bahkan keputusasaan, maka kebangkitan itu masih jauh dari harapan. Kebangkitan hanya menjadi impian kosong belaka. Perlu kerja keras dan beberapa perubahan untuk mewujudkannya. Banyak tantangan yang menghadang, tapi itu adalah sunatullah sehingga harus diterima dan diatasi jika Ingin kebangkitan Islam terwujud

1 komentar: